Jakarta, 17 Juli 2020. Pandemi COVID-19 tidak menjadi penghalang bagi Pertamina Foundation untuk membuka program magang Pertamina Foundation 2020. Baru-baru ini, Pertamina Foundation membuka lowongan magang bagi para mahasiswa /mahasiswi terbaik di Indonesia, baik yang masih aktif maupun mereka yang Fresh Graduate. Program magang yang memfokuskan kepada para kaum milenial ini bukan tanpa alasan, melainkan karena merekalah yang saat ini erat hubungannya dengan teknologi dan perkembangan zaman. Dengan demikian, Pertamina Foundation mengharapkan ide-ide menarik juga inovatif dapat dikeluarkan oleh para kaum milenial melalui program magang ini.

Sejak pendaftaran dibuka pada 13 Juni 2020 hingga 20 Juni 2020, sudah ada 1206 pendaftar program magang dari seluruh Indonesia hanya dalam kurun waktu satu minggu. Oleh karena itu, proses penyeleksian pun dilakukan cukup lama dan sangat selektif sampai akhirnya terpilihlah 75 kaum milenilal terbaik yang siap untuk berkontribusi membangun bangsa. Antusiasme yang tinggi terhadap program ini, tidak terlepas dari peran Pertamina Foundation yang hadir sebagai solusi dengan membuka program magang bagi para mahasiswa dan fresh graduate yang saat ini sedang kesulitan memperoleh pengalaman kerja di tengah pandemi COVID-19.

Program yang sudah berjalan sejak lama ini akan berfokus pada bidang komunikasi visual dan konten media sosial. Maka dari itu, terdapat 5 bidang yang difokuskan dalam kegiatan ini, yaitu penulis ide konten, desain grafis, produksi video, admin sosial media dan admin program-program andalan dari Pertamina Foundation. Adapun program-program andalan tersebut meliputi PF Prestasi, PF Muda, PF Preneur, PF Bangkit, PF Daerah Operasi Pertamina dan Indonesia Timur serta PF Sains yang saat ini sedang berlangsung. Terkait proses pelaksanaannya, magang ini akan dilaksanakan selama 6 bulan, terhitung sejak Juli hingga Desember 2020. Namun, pelaksanaan tersebut akan dibagi ke dalam 3 kelompok di mana masing-masing kelompok terdiri dari 25 orang dan akan berlangsung selama 2 bulan.

Pada tanggal 15 Juli 2020 lalu, 75 kaum milenial yang berhasil lolos sebagai peserta magang disambut dengan sangat baik oleh para staff dan juga Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari. Meskipun penyambutan tersebut hanya bisa dilakukan secara virtual, rasa bangga dan bahagia tetap terpancar dari wajah mereka yang terpilih. Hal tersebut tak luput pula dari perhatian Agus. Dalam laman Instagram pribadinya, beliau mengucapkan, "Congratulations and best luck joining the hustle and bustle of the creative world and social media. They are 75 applicants selected from 1206 candidates." Kalimat tersebut menunjukkan rasa bangga juga semangat untuk para peserta magang.

Dalam program magang Pertamina Foundation 2020, Agus menyampaikan kepada para peserta magang bahwa mereka akan berperan sebagai Agen 075 yang selalu siap bekerja dan berkontribusi memberikan yang terbaik untuk kliennya, yaitu Pertamina Foundation. Oleh karena itu, dalam program magang ini, Agen 075 diberikan tantangan untuk melakukan promosi bisnis dan program-program andalan Pertamina Foundation dengan menghasilkan konten dan desain kreatif yang dapat meningkatkan engagement di berbagai jenis platform media sosial Pertamina Foundation. Para peserta magang yang berhasil menyelesaikan program magang Pertamina Foundation 2020, tidak hanya memperoleh pengetahuan seputar dunia kerja, mereka juga akan mendapatkan sertifikat magang dan ilmu langsung dari Pertamina Foundation.

“Harapannya Pertamina Foundation bisa menjadi yayasan bidang sosial dan kemanusiaan kelas dunia”, pungkas Agus dalam menyampaikan penjelasan mengenai harapan Pertamina Foundation kedepannya kepada para peserta.