Jakarta,23 Juli 2020 – Pertamina Foundation tidak pernah berhenti untuk hadir meringankan beban masyarakat di tengah pandemik Covid-19. Kamis (23/7), Pertamina Foundation melalui program PFBangkit, memberikan bantuan pelatihan dan sarana usaha budidaya lele dalam ember sebanyak 100 paket alat dan bahan budidaya kepada penyandang disabilitas yang terdampak wabah pandemik Covid-19 di Kabupaten Kebumen. Penyerahan bantuan dilakukan di Rumah Dinas Wakil Bupati Kebumen dengan menghadirkan perwakilan dan koordinator kelompok penyandang disabilitas dari berbagai panti di Kebumen.

"Melalui program PF Bangkit, kami bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen memberikan bantuan kepada saudara-saudari kita yang terdampak Covid-19. Kami berikan alternatif untuk memperoleh pendapatan yaitu dengan memberikan pelatihan dan bantuan 100 paket peralatan budidaya Lele dalam ember. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dan solusi untuk permasalahan ekonomi selama masa wabah corona ini” ujar Direktur Operasinal Pertamina Foundation, AM Unggul Putranto.

Selama pandemik Covid-19, PFBangkit sudah membantu masyarakat melalui berbagai program reaksi cepat, mulai dari bantuan sembako dan makan siang, distribusi hand sanitizer dan masker, serta bantuan APD bagi tenaga medis. Selain itu, program pemberdayaan masyarakat juga terus berjalan, antara lain ternak Lele dalam ember, hidroponik, dan program membatik.

Program PFBangkit di Kebumen ini merupakan kelanjutan dari MoU yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kebumen dengan Pertamina Foundation pada tanggal 11 Maret 2020 lalu. MoU ini diharapkan dapat membangun sinergi antara program dari Pemerintah Kebumen dengan Pertamina Foundation selaku pengelola dana CSR Pertamina.

Wakil Bupati Kebumen, H.Arief Sugiyanto mengatakan kepada awak media, “Pemerintah Kebumen aktif membuka diri dan mengajak serta seluruh komponen untuk bagaimana membawa kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kebumen. Melanjutkan MoU yang kami tandatangani pada Maret lalu, hari ini Pertamina Foundation langsung datang ke Kebumen untuk memberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Ini tentunya merupakan awal dari kerjasama kami dengan Pertamina Foundation dan kami harapkan akan ada banyak program pemberdayaan masyarakat di Kebumen yang terlaksana kedepannya”.

Tidak hanya bantuan program budidaya Lele, Pertamina Foundation menyerahkan sejumlah 100 paket Alat Pelindung Diri (APD) dan 1.000 masker. Setelah acara simbolis penyerahan bantuan, Tim Teknis dari Pertamina Foundation memberikan pelatihan dan tutorial bagaimana Budidaya Lele Dalam Ember. Panduan praktis dan mudah cocok untuk kegiatan penyandang disabilitas dengan berbagai kebutuhan khususnya.

Kerjasama dengan Pemerintah Kebumen akan terus dikembangkan dan ada berbagai program inisiatif dari Pertamina Foundation yang berfokus untuk pengembangan masyarakat

“Harapan kami kerja sama ini dapat terus dikembangkan. Pertamina Foundation memiliki  satu program lainnya yang terkait sosial kemasyarakatan yaitu PFPreneur atau Women Preneur. Seperti diskusi yang dilakukan saat MoU, Presiden Direktur kami Pak Agus Mashud S.Asngari menyampaikan potensi kewirausahaan perempuan di Kebumen dapat menjadi pilar penyangga ekonomi keluarga. Potensi ini yang kami harapkan dapat membangun kerja sama Kebumen dengan program-program PF lainnya” pungkas Ungul Putranto.

Menutup serangkaian acara penyerahan bantuan, Rombongan Tim Pertamina Foundation bersama The Jakarta Pos beserta Wakil Bupati dan pejabat Pemkab mengunjungi salah satu panti sosial penyandang disabilitas penerima bantuan.