Jakarta, 30 Maret 2020.

Pada 29 Maret 2020, World Health Organization (WHO) mengumumkan sebanyak 677,648 kasus yang terkonfirmasi positif terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dan sebanyak 31,737 jiwa meninggal setelah terkena virus tersebut. Oleh karena itu, WHO menetapkan COVID-19 sebagai penyakit pandemik yang sangat mudah dan cepat menyebar. Diperkirakan angka kasus COVID-19 akan terus bertambah mengingat kasus tersebut mulai menyebar hampir diseluruh negara di dunia termasuk Indonesia.

Di indonesia, kasus COVID-19 mulai muncul pada tanggal 2 Maret 2020. Terhitung hingga tanggal 29 Maret 2020, Kementrian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) telah mengonfirmasi sebanyak 1,285 orang positif terkena virus COVID-19 dan sejumlah 114 orang diantaranya telah dinyatakan meninggal. Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan berbagai pihak untuk mencegah kenaikan drastis jumlah kasus COVID-19.

Pertamina Foundation (PF) memiliki kepedulian dalam mencegah penyebaran virus COVID-19. Salah satu upaya yang dilakukan PF bekerja sama dengan HOPE Worldwide Indonesia adalah menggiatkan program cuci tangan menggunakan sabun di tempat umum dengan jarak antrian 1 meter melalui penyediaan layanan “Wastafel Keliling (MK)" atau disebut juga “Mobile Handwashing Unit (MHU).

Penyediaan MHU dilakukan dalam upaya mendukung Pemerintah Provinsi (PemProv) DKI, Satuan petugas (Satgas) COVID-19, dan Kemenkes dalam mencegah penyebaran virus COVID-19. Pada tanggal 30 Maret 2020, MHU telah resmi digerakkan. Lokasi peresmian MHU dilakukan di pintu masuk RS Wisma Atlet dan dihadiri oleh Unggul Putranto (Direktur Operasional) Pertamina Foundation, Charles M. Ham (Senior Advisor) HOPE Worldwide Indonesia, staf khusus perwakilan Kemenkes, dan Saiful Anwar (Kepala Kepolisian Sektor) Kemayoran.

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari, menyatakan bahwa Upaya Pertamina Foundation merupakan bagian kecil kontribusi dari seluruh elemen masyarakat yang bahu membahu saling mendukung untuk melawan wabah COVID-19. Energi positif ini harus terus digerakkan menjadi sebuah energi Indonesia yang besar dan tidak ada habisnya hingga wabah ini berakhir. 

“Salah satu cara pencegahan dan pengendalian COVID-19 dengan cuci tangan pakai sabun. Penyedian Wastafel Keliling ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu mencuci tangan pakai sabun dan menjaga kebersihan dimanapun berada, terlebih di tempat umum. Terimakasih kepada HOPE Worldwide Indonesia yang telah bekerja sama untuk menyediakan wastafel keliling ini, dan juga kepada Kemenkes, Puskes TNI, Satgas COVID-19 dan semua pihak yang turut membantu program ini. Mari kita bersama-sama kita bisa #lawancovid-19 demi kesehatan dan keberlangsungan kita bersama,” Ujar Agus.

Pada peresmian MHU ini (30/03/2020), diawali sambutan perwakilan dari Pertamina Foundation dan HOPE Worldwide Indonesia dan dilanjutkan oleh Kapolsek Kemayoran serta perwaklian Kemenkes.

Cuci tangan dengan sabun adalah intervensi pencegahan paling penting dalam memutus rantai penyebaran. Walaupun masyarakat dihimbau bekerja dari rumah, sebagian petugas kesehatan, kebersihan, polisi, tentara, dll tetap harus bertugas dengan resiko tinggi. Kami berharap Wastafel Keliling ini bisa memberikan akses bagi cuci tangan dengan sabun bagi yang tetap harus berkegiatan, apalagi disekitar RS Darurat COVID19 wisma atlet ini. Terima kasih untuk Kemenkes dan Puskes TNI yang bekerja ekstra keras dalam melayani para pasien. Semoga kita sebagai bagian dari masyarakat bisa mendukung dari sisi pencegahan Lily Salim, Country Director, HOPE Worldwide Indonesia.

Bersama, berjuang untuk keselamatan bangsa!

Bersama kita dukung pencegahan COVID-19 dengan penyediaan akses cuci tangan!