Jakarta, 16 April 2020 

Sejak mewabahnya COVID-19 di Indonesia, Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan WFH (work from home) bagi berbagai pihak. WFH juga diberlakukan dalam bidang pendidikan dengan cara menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh berbasis daring atau secara online. Universitas Pertamina juga telah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh berbasis online sejak 15 Maret 2020. Akan tetapi, setelah beberapa minggu menjalani perkuliahan berbasis daring, banyak mahasiswa yang mengeluhkan kuota internet yang cepat habis dikarenakan beberapa mata kuliah dilakukan melalui aplikasi live video seperti zoom, skype, microsoft meeting, dan aplikasi lainnya. Keterbatasan kuota internet untuk mengakses berbagai platform pembelajaran daring bisa menyebabkan pembelajaran kurang optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan supaya pembelajaran berjalan lancar.

 

Melalui Program PFbangkit, Pertamina Foundation turut mendukung proses pembelajaran di Universitas Pertamina (UP) dengan memberikan bantuan pulsa kepada mahasiswa yang kurang mampu. Sebagai Yayasan yang menaungi UP, Pertamina Foundation akan memberikan bantuan pulsa kepada sekitar 1000 mahasiswa kurang mampu agar mereka dapat melakukan pembelajaran jarak jauh dengan optimal.

 

“Pertamina Foundation memiliki komitmen kuat dalam keberlanjutan pendidikan. Kami berharap bantuan ini dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa UP. Kami juga berharap, setiap Energi Muda Indonesia tetap semangat dan optimis belajar di tengah wabah pandemik COVID-19 ini. ” Ujar Agus Mashud S. Asngari (Presiden Direktur Pertamina Foundation).

 

Program PFbangkit merupakan salah satu aksi nyata Pertamina Foundation sebagai wujud pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk mengembalikan denyut kehidupan untuk para korban pasca bencana melalui proyek Pemulihan Ekonomi Keluarga dan Keberlanjutan Pendidikan Anak Korban Bencana.

 

Tidak hanya dalam bidang pendidikan, Pertamina Foundation juga telah bersinergi dengan Friends Entertainment melalui Program PFbangkit untuk membantu masyarakat marginal dalam mencegah penyebaran COVID-19. Dengan donasi yang Friends Entertainment kumpulkan, telah digunakan untuk disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk masker. Pertamina Foundation telah menyalurkan sebanyak 2.184 masker bagi masyarakat marginal di Jakarta. Penggunaan masker sangatlah penting untuk mencegah penyebaran virus corona yang sedang mewabah.

 

“Terimakasih Pertamina Foundation telah bersinergi dengan kami untuk menyalurkan bantuan hasil lelang barang Celebrity Indonesia perangi COVID-19. Bersama kita bisa saling membantu sesama”, Teuku Zacky, perwakilan dari Friends Entertainment.